Connect with us

Berita

BPCB Jatim Sebut Penemuan Perahu Baja di Lamongan Peninggalan Perang Dunia Pertama

Diterbitkan

||

BPCB Jatim Sebut Penemuan Perahu Baja di Lamongan Peninggalan Perang Dunia Pertama

Memontum Lamongan – Satu dari tiga perahu baja yang berada di dasar bengawan solo Lamongan telah berhasil diangkat. Diduga kuat perahu tersebut dimasa itu digunakan sebagai alat transportasi perang dunia pertama.

Hal itu diungkapkan Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jatim, Andi Muhammad Said. Ia mengatakan, selain untuk mengangkut serdadu, perahu itu juga digunakan untuk mengangkut logistik.

“Perahu ini merupakan kapal sisa perang dunia pertama. Hal Itu dibuktikan dengan adanya koin yang tertera pada tahun 1902,” kata Said usai mengangkat perahu ke atas tanggul Bengawan Solo, Kamis (7/11/2019).

Tak hanya itu, Said juga mengungkapkan, kemungkinan besar perahu itu tidak diproduksi di indonesia, kendati pada masa itu di Indonesia belum punya pabrik baja. Bahkan sejauh ini juga belum pernah ada penemuan perahu sejenis di Indonesia.

“Belum ada temuan sejenis ini dan baru di sini ini. Hal itu sangat masuk akal, karena Bengawan Solo kan sangat besar waktu itu. Jadi memang bisa dilalui transportasi laut, jadi wajar saja kalau ada di sini,” ujarnya menegaskan.

Hanya saja kata Said, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan tahun pembuatan perahu yang memiliki panjang 7,2 meter dan bisa dipisahkan menjadi 2 bagian tersebut.

“Kita belum melihat indikasi tahun pembuatannya. Habis ini kita akan melihat referensi, literasi yang mendukung nanti seperti apa nanti kita cari. Tipenya kan pasti ada, tipe seperti ini dibangun tahun berapa,” kata Said menandaskan. (tyo/zen/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler