Connect with us

Pemerintahan

Bupati Fadeli Perintahkan Dinas TPHP Proaktif Tangani Hama Tikus

Diterbitkan

||

Bupati Fadeli Perintahkan Dinas TPHP Proaktif Tangani Hama Tikus

Memontum Lamongan – Bupati Lamongan, H Fadeli SH MM meminta kepada Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Lamongan proaktif turun ke masyarakat untuk menangani hama tikus. Hal itu dikarenakan ratusan hektare lahan padi di Kabupaten Lamongan mengalami puso atau gagal panen akibat serangan hama tikus.

“Para petani di Lamongan banyak mengeluh akibat serangan hama tikus , saya minta DTPHP proaktif langsung turun ke masyarakat mengatasi hama tikus,” tegas Bupati Lamongan Fadeli saat memimpin gerakan pengendalian hama tikus bersama Wabup Kartika Hidayati, Kapolres AKBP Harun, Dandim Kolonel Inf. Sidik Wiyono, Kepala OPD, dan sejumlah pejabat Pemkab Lamongan berlokasi di Desa Kebet, Rabu (8/7/2020).

Sementara itu Kepala Dinas TPHP Kabupaten Lamongan Rudjito menyebutkan lahan padi di Lamongan yang mengalami puso mencapai 426 hektare yakni di Kecamatan Maduran seluas 49,7 hektar dan Kecamatan Tikung 377 hektare.

Selain itu, Rudjito mengatakan, Dinas TPHP Lamongan juga telah melakukan berbagai upaya penanggulangan hama tikus untuk mencegah puso.

“Di antaranya melakukan penyediaan umpan racun, pengasapan, dan gropyokan di lahan padi bersama petani,” ucapnya menegaskan.

Selain itu, Bupati Fadeli memberikan pengarahan dan berdiskusi dengan para petani sebelum kegiatan dimulai. Dalam kegiatan tersebut para petani memberikan obat pembasmi tikus sebanyak 60 kg dan melakukan proses aplikasi rodentisida.

“Adapun pengertian dari rodentisida yaitu bahan yang mengandung senyawa kimia beracun yang digunakan untuk mematikan berbagai jenis binatang pengerat misalnya tikus,” ujarnya.

Lebih jauh, Bupati Lamongan menghimbau kepada para petani agar selalu berdoa, agar hama dapat terkendali dan hasil panen memuaskan. (Fjr/zen/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler