Connect with us

Berita

Gelombang 3,5 Meter, Nelayan Lamongan Diimbau Tak Melaut

Diterbitkan

||

Gelombang 3,5 Meter, Nelayan Lamongan Diimbau Tak Melaut

Memontum Lamongan – Cuaca ekstrem dilaporkan masih terjadi di perairan laut utara Kabupaten Lamongan selama sepekan terakhir ini. Bahkan, ketinggian gelombang dilaporkan sempat mencapai 3,5 meter. Para nelayan diimbau untuk tetap mengutamakan keselamatan dan terus meningkatkan kewaspadaan saat melaut.

“Tentunya kita tetap mengimbau kepada masyarakat, khususnya mereka yang berprofesi sebagai nelayan agar terus meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk,” Kata Kasat Polairud Polres Lamongan AKP Winardi menegaskan, Rabu (22/1/2020).

Selain itu, jika cuaca buruk masih saja terjadi, AKP Winardi menyarankan agar sementara waktu para nelayan menghentikan sementara aktivitas melaut dulu.

“Lebih baik jangan melaut dulu demi keselamatan bersama. Ini bagi nelayan kita yang mencari ikan di perairan Masalembo karena ketinggian gelombang sangat membahayakan,” ujarnya.

Meski begitu, ia menyatakan bahwa imbauan itu hanya berlaku bagi nelayan yang mencari ikan secara jarak jauh. Untuk nelayan jarak dekat, ia mengatakan bahwa kondisinya tetap aman.

“Nelayan kita kan mencari ikannya ada yang berminggu-minggu. Tapi ada juga yang melaut berangkat pagi dan pulang larut sore. Kalau nelayan harian boleh saja karena masih aman,” bebernya.

Tak hanya itu, disinggung waktu berakhirnya cuaca ekstrem di laut utara, Winardi mengaku masih menunggu informasi dari BMKG di Surabaya.

“Kami juga terus menginformasikan kepada nelayan tentang cuaca buruk ini,” terangnya.

Akibat kondisi ini, Winardi mengatakan bahwa pasokan ikan di tempat pelalangan ikan Brondong berkurang. Akibatnya, harga ikan laut merangkak naik.

“Kalau ketersediaan ikan dari nelayan berkurang ya otomatis harga ikan akan naik. Tapi kita berharap cuaca ekstrem ini semoga cepat berlalu,” Tandasnya berharap. (aju/zen/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler