Connect with us

Politik

Gerindra Usung Kaji Sholahuddin Sebagai Cabup Lamongan, Susul PKB Dan PDI Perjuangan

Diterbitkan

||

Gerindra Usung Kaji Sholahuddin Sebagai Cabup Lamongan, Susul PKB Dan PDI Perjuangan

Memontum Lamongan – Sebanyak tiga Partai Politik di Lamongan yang terdiri dari PKB, PDI Perjuangan dan Gerindra Lamongan menuai sepakat dan berkomitmen mengusung H Sholahuddin yang tak lain merupakan asisten pribadi Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin sebagai Calon Bupati Lamongan periode 2020-2025, untuk Lamongan Sembodo.

Berbagai komitmen tersebut diwujudkannya dengan dilaksanakan deklarasi konsolidasi partai koalisi di gedung Bhineka Karya Lamongan, Rabu (22/1/2020).

Dalam orasi politiknya, Ketua DPC PKB Lamongan H. Abdul Ghofur menegaskan, deklarasi tersebut sebagai bentuk keseriusan dan komitmen partai koalisi untuk memenangkan calon bupati dari kalangan nahdliyin dan santri.

“Setelah bertemu dan berdikusi akhirnya kita bersepakat untuk menjalin koalisi, untuk mewujudkan cita-cita perubahan mendukung calon bupati dari kalangan nahdliyin,” Ujarnya menegaskan.

Tak hanya itu, H. Abd Ghofur mengatakan, saat ini jumlah dukungan yang sudah berkoalisi dengan PKB untuk mengusung H. Sholahuddin sebagai Calon Bupati (Cabup) Lamongan total kursi dari tiga partai koalisi ini berjumlah 22 kursi, dengan riancian PKB 10 kursi, PDIP 8 kursi dan Gerindra 4 kursi.

“Sebanyak 22 kursi di DPRD sudah lebih dari cukup untuk mendaftarkan dan mengusung calon bupati dan wakil bupati dalam pemilukada pada tahun ini, karena jumlah minimal mengajukan calon ada 20 persen suara sah dalam Pileg atau 10 kursi di DPRD,” Bebernya.

H Ghofur, nama panggilan biasa ia disapa mengaku sangat bersyukur karena kekuatan partai pengusung bertambah lagi, seiring dengan bergabungnya partai Gerindra. Meski partainya saat ini sudah resmi berkoalisi dengan PDIP dan Gerindra, PKB masih membuka bagi partai lainya untuk bergabung.

“Yang terpenting lagi, pada prinsipnya kami tidak membatasi koalisi dan masih membuka peluang selebar-lebarnya bagi partai lainya untuk bergabung,” ungkapnya.

Selain itu, kata H Ghofur meski sudah menyatakan koalisi dengan PDIP, namun untuk posisi wakil bupati mendampingi Kaji Sholahuddin belum diputuskan.

“Yang terpenting tahapan kerja sama koalisi dulu, dan untuk calon wakil bupatinya masih belum kita putuskan. Dan akan kita serahkan sepenuhnya kepada seluruh partai koalisi,” bebernya.

Setelah DPC PDIP menyatakan final berkoalisi dengan PKB, kini giliran Gerindra, partai besutan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto juga resmi berkoalisi mengusung Sholahuddin menjadi calon bupati dalam Pilkada 2020.

Ketua DPC Gerindra Lamongan, HM Tsalits Fahami pada kesempatan yang sama membenarkan partai yang dinahkodainya saat ini resmi berkoalisi dengan PKB, dan PDIP untuk mengusung H.Sholahuddin.

“Iya kami berkoalisi dengan PKB dan PDIP dalam Pemilukada 2020, dan kami juga sudah berkirim surat ke DPC PKB pada 17 Januari 2020 lalu,” kata Tsalist Fahami yang juga mantan Wakil Bupati Lamongan Periode 2005-2010.

Ditegaskan Tsalist, alasan bergabungnya Gerindra koalisi bersama PKB dan PDIP, lantaran ada kesamaan platform partai . Selain itu, keputusan berkoalisi dengan PKB dan PDIP mengusung Sholahuddin juga merupakan keputusan partai dengan mempertimbangkan konstituen.

“Termasuk hasil road show partai, diantaranya hasil audensi DPC Gerindra dengan PCNU Lamongan dan Babat,” katanya.

Selain itu, Tsalits menegaskan, karena adanya petunjuk dari ketua DPD Gerindra Jawa Timur, serta hasil komunikasi intens sejak September 2019 lalu, dan terakhir pertemuan pada 13 Januari 2020 dengan DPC PKB dan DPC PDIP, dengan keputusan berkoalisi.

“Hal itu, sebagai dasar Gerindra memutuskan berkoalisi, mengantarkan Sholahuddin menjadi bupati Lamongan periode 2020-2025,” tandasnya.

Lebih jauh, Tsalits Fahami memohon doa dari para kyai dan pengurus tiga partai, agar koalisi yang sudah terjalin semakin solid.

“Saya ini adalah kader NU sejak lama. Dan pengurus Gerindra Lamongan dari tingkat Cabang hingga ranting, 100 persen, original berasal dari kader NU. Sehingga kita komitmen penuh mendukung Bupati Lamongan asli kader NU,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan Saim, S.Pd mengajak koalisi tetap solid dan terus berkomitmen memenangkan Kaji Sholah.

“Kita harus terus menjaga koalisi ini sekuat tenaga sampai calon yang didukung menjadi Bupati Lamongan kedepan. Karena kita berkomitmen membuat perubahan untuk Lamongan kedepan,” ujar Sa’im mantan wakil ketua DPRD Lamongan.

“Koalisi ini jangan sampai terpecah belah. Marih kita berkomitmen berjuang untuk memenangkan koalisi ini,” pungkasnya. (aju/zen/yan)

 

Terpopuler