Connect with us

Pemerintahan

130 Pelamar PAI Non PNS Kemenag Lamongan Jalani Tes Wawancara

Diterbitkan

||

130 Pelamar PAI Non PNS Kemenag Lamongan Jalani Tes Wawancara

Memontum Lamongan – Sebanyak 130 pelamar Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS yang mendaftar melalui Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan, mengikuti tes wawancara di Aula Kemenag setempat.

Kepala Kemenag Lamongan, H. Sholeh,M.Si didampingi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Khoirul Anam, Selasa (10/12/2019). Mengatakan rekrutmen Penyuluh Agama Islam non PNS tersebut menyusul habisnya masa kerja PAI rekrutmen 2017 yang berakhir Desember 2019.

Selanjutnya, Kata dia, Bimas Kemenag Lamongan melakukan evaluasi sebanyak 216 PAI, dan hasilnya ada 50 orang yang dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk diangkat kembali, sehingga dilakukan rekrutmen baru.

Selain itu, dijelaskan olehnya, sebelumnya pada tahapan tes tulis yang diikuti sebanyak 171 peserta dan yang dinyatakan lolos untuk mengiuti tes wawancara sebanyak 130 orang.

“Tes wawancara dilaksanakan maksimal 20 menit. Materi yang diujikan adalah pemahaman tentang wawasan kebangsaan, keagamaan dan wawasan peraturan perundang-undangan,” Ujar Khoirul Anam.

Tak hanya itu, dijelaskan Anam sapaan akrabnya, tes wawancara merupakan tahapan terakhir dalam proses rekrutmen PAI non PNS, sehingga untuk tahap selanjutnya adalah pengumuman kelulusan yang akan disampaikan secepatnya.

Sedangkan, terkait kuota yang dibutuhkan, kata dia, rekrutmen penyuluh agama untuk mengisi kekosongan sebanyak 48 orang yang ditempatkan di sejumlah kecamatan.

“Penyuluh Agama Islam yang kita cari harus memiliki pengetahuan agama yang luas, serta mengerti akan kebutuhan spritual masyarakat di wilayah binaannya masing-masing,” terangnya menegaskan.

Adapun tim penguji adalah Abdul Wahid Efendi (Kanwil Kemenag Propinsi Jatim), Sunhaji (Kasubag TU Kemenag Lamongan), dan Abd Ghofur (Kasi Pendma Kemenag Lamongan). (tyo/zen/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler